Selasa, 19 Mei 2015

TIPS MEMBUAT KUE SUS


Pernah bikin kue sus? Pas manggang kulitnya ga terlalu ngembang? berikut tips sederhana dari saya.

Pertama, untuk membuat adonan kulitnya, pilihlah telur yang agak besar dan fresh, supaya adonan ketika tercampur dengan telur nya nanti menjadi lebih kental, Tidak terlalu solid, tapi juga tidak terlalu encer. 
Karena adonan yang kental membuat kulit nya memiliki pori-pori yang lebih banyak dan mengembang lebih besar ketika dipanggang nanti. Jadi ketika kulit sudah dingin, tidak terasa 'keras' seperti roti.

Pastikan, pemanggangan tepat waktu, kisaran 25-30 menit. Suhu kompor kira-kira 170-180 derajat. Tergantung dari oven masing-masing ya.. :D 
Jangan dibuka selama dipanggang, hawa udara dari luar akan membuat kulitnya bantet dan kempes. Biarkan mengembang dulu sampai agak kecoklatan. Biasanya tekstur kulit akan tetap sama walau sudah dingin.

Kedua, untuk membuat vla. Pernah ga setelah jadi, eh masih menggumpal vla nya. Bisa jadi, karena semua bahan langsung disatuin dalam panci. Kalo sudah begitu, coba tuang susu cairnya sedikit-sedikit. Lalu, vla harus diaduk terus sampai matang. Jangan berhenti sampai vla nya mendidih. Dengan diaduk, maka adonan akan menyatu dengan rata.

Untuk vla, sebetulnya bisa awet 5 - 6 hari di dalam kulkas ( kulkasnya dalam keadaan dingin yang cool-coolest) itu kalo yang tidak pakai rhum. Kalo pakai rhum sebaiknya sampai 3 hari saja, karena rhum semakin 'lepas' dari vla, tidak terikat seperti pertama kali tercampur. ( Vla nya menjadi berair ).
kalau di luar kulkas hanya tahan kira-kira 1 malam saja. Misalkan buatnya pagi jam 8, maka jam 8 malam sebaiknya masuk kulkas.

Ya, itu tips sederhana saya. Dari pengalaman pribadi setiap bikin kue sus. Mungkin saja, ada yang berbeda dan punya tips lebih banyak. hehe.. Tetapi, saya selalu berhasil membuat kue sus dengan tips tadi. 
( maaf ya, belom ada fotonya )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar